Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
ptkontakperkasa futures surabaya

KONTAK PERKASA FUTURES | Akhirnya MRT Fase III Dapat 'Pendonor'

KONTAK PERKASA FUTURES SURABAYA - Direktur Utama PT MRT Jakarta William Syahbandar menyatakan bahwa proyek Moda Raya Terpadu (MRT) fase III Kalideres-Ujung Menteng sudah mendapatkan lembaga pembiayaan.

Japan International Cooperation Agency (JICA) dipastikan akan kembali membantu pembiayaan pembangunan MRT. Selain itu, satu lembaga keuangan lainnya juga siap membantu MRT, lembaga tersebut adalah Asian Development Bank (ADB).

"Kita punya kabar gembira soal fase III, karena dua pendonor utama yaitu JICA dan Asian Development Bank sudah menyatakan komitmennya untuk dukung pembangunan fase III MRT East-West," kata William, di Grand Whizz, Jakarta, Rabu (28/8/2019).

Setelah mendapatkan kepastian dari dua lembaga tersebut, William menyatakan kini pihaknya sedang mengkaji skema pembiayaan yang akan dilakukan untuk bekerja sama dengan dua lembaga tersebut.

"Sekarang kami sedang kaji skema pembiayaannya seperti apa. Ini yang lagi kita bicarakan dengan pemerintah baik provinsi maupun daerah," kata William.

William menyatakan, setidaknya ada tiga skema yang dipertimbangkan dalam pembiayaan proyek MRT Fase III. Mulai dari skema pinjaman melalui pemerintah, pinjaman langsung, ataupun skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU).

"Apakah skemanya dengan model yang sama seperti sekarang, utang pemerintah yang dibagi 51-49%, atau direct lending di mana pemerintah beri penjaminan MRT yang berutang, ataupun skema KPBU," papar William.

William mengungkapkan pihaknya menargetkan kajian skema pembiayaan ini akan selesai awal tahun depan. Seiring dengan itu, di pertengahan tahun pihaknya juga menargetkan semua kajian mengenai MRT Fase III bisa selesai, mulai dari pembiayaannya hingga rutenya.

"Semua sedang kita eksplor paling lambat awal tahun depan akan dapat kepastian skema pembiayaan. Tengah tahun studinya selesai, desain, rute, dan pembiayaan, dan akhir tahun bisa kita mulai pembangunannya," kata William. KONTAK PERKASA FUTURES

 

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | KONTAK PERKASA FUTURES
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | KONTAK PERKASA FUTURES
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | KONTAK PERKASA FUTURES
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | KONTAK PERKASA FUTURES
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | KONTAK PERKASA FUTURES
 
detik.com
Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post