Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
ptkontakperkasa futures surabaya

PT KP PRESS | Saran IDAI Agar Anak Tak Berlebihan Terpapar Gadget Saat Belajar Online

PT KP PRESS SURABAYA - Pembelajaran jarak jauh (PPJ) diterapkan dengan tujuan untuk menekan penularan virus Corona COVID-19 pada anak di sekolah. Namun ada hal lain yang dikhawatirkan yakni soal penggunaan ponsel atau gawai yang tidak terkontrol.
Di masa pandemi Corona, anak lebih banyak harus tinggal di rumah dan melakukan pembelajaran secara online. Sekretaris Bidang Hubungan Masyarakat dan Kesejahteraan Anggota IDAI (Ikatan Dokter Anak Indonesia) dr Catharine Mayung Sambo, SpA(K) menyebut tak dapat dipungkiri durasi waktu screen time akan mengalami peningkatan sehingga diperlukan perhatian khusus dari orang tua untuk menjaga keseimbangan antara aktivitas fisik dan pajanan terhadap gawai.

Berikut beberapa saran IDAI agar anak tidak terlalu banyak pegang ponsel selama belajar daring.

1. Atur waktu dan ruang khusus
Meskipun di rumah, orang tua harus menyiapkan ruangan khusus untuk anak belajar. Hal ini dilakukan agar anak tetap bisa efektif belajar di rumah dan orang tua mampu memperhatikan anak dalam penggunaan gawainya.

"Atur ruangan untuk pakai gawai, jadi kalau sudah selesai waktunya, keluarlah dari ruangan tersebut dan tinggalkan gawainya di situ," kata dr Mayung, sapaannya, saat dihubungi detikcom Senin (3/8/2020).

2. Atur penggunaan gawai sesuai usia anak
Atur penggunaan gawai sesuai usia anak, baiknya untuk anak sekolah waktu layarnya (screen time) sesuai keperluan sekolah, sementara untuk adik-adik yang lebih kecil tidak usah pakai gawai dulu.

3. Atur jadwal istirahat
Orang tua juga harus memperhatikan jadwal istirahat anak. Setelah lelah menatap gawai yang cukup lama, berikan anak waktu untuk istirahat seperti, melakukan aktivitas fisik atau bermain.

"Berhenti sementara dari kegiatan terkait gawai, misalnya setelah 45 menit (atau paling lama 1 jam), berdiri dulu, bermain interaktif, makan, ngobrol face to face, dan melakukan aktivitas fisik," tambah dr Mayung.

4. Variasikan kegiatan atau permainan
Selain itu, orang tua juga harus memberikan variasi kegiatan di luar pemakaian gawai. Ada baiknya agar orang tua untuk selalu mendampingi anak dan mendiskusikan aktivitas selanjutnya yang akan mereka lakukan, terlebih jika anak masih berada di usia pra-sekolah.

"Variasikan kegiatan atau permainan dan aktivitas fisik yang tidak menggunakan gawai," pungkasnya. PT KP PRESS

 

 

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KP PRESS
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KP PRESS
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KP PRESS
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KP PRESS
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KP PRESS
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KP PRESS
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KP PRESS
detik.com
Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post