Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
ptkontakperkasa futures surabaya

PT KONTAK PERKASA | Tersohor dengan Motor Sport, MV Agusta Ternyata Pernah Bikin Motor Roda 3 Mirip Bajaj

PT KONTAK PERKASA SURABAYA - Mendengar nama MV Agusta, ingatan orang barangkali akan langsung tertuju pada gaharnya Brutale 1000 RR atau seksinya Superveloce 800. Namun tahukah Anda jika di masa lalu produsen motor sport asal Italia ini pernah memproduksi motor roda tiga yang mirip kendaraan niaga?
Seperti diungkap oleh akun instagram resmi MV Agusta, kendaraan komersial MV Agusta pertama kali lahir dari situasi setelah Perang Dunia II. Saat itu Italia mengalami masa-masa sulit dan banyak orang membutuhkan kendaraan multifungsi yang bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan.

Merespons kondisi krisis tersebut, MV Agusta melahirkan motor roda tiga 98 Motocarro, dengan kapasitas angkut 250 kg. Motor ini dirancang pada tahun 1946 atau setahun setelah sepeda motor pertama, MV 98, muncul.

MV Agusta 98 Motocarro mengusung mesin 98 cc satu silinder dua tak. Motor ini menggunakan sebuah platform kargo berbahan kayu yang terletak di depan pengemudi. Pada 1948, beberapa mobil sudah dilengkapi dengan mesin dua-silinder dua tak 125 cc dengan transmisi 3 kecepatan. Dan pada 1949, 98 Motocarro diperbarui dengan mesin 125 cc, dengan transmisi 4 percepatan.

Motor roda tiga berikutnya MV Agusta adalah 175 Motocarro. Motor ini diperkenalkan pada 1954. Dari segi desain memiliki bentuk yang familiar dengan motor-motor roda tiga saat ini. 175 Motocarro menggunakan bak yang terbuat dari logam, terletak di belakang pengemudi. Motor ini menggunakan mesin empat langkah 172,3 cc.

Pada 1958, motor ini digantikan skuter kargo 150 Centauro RF (Rapido Furgone). Motor roda tiga berbobot 350 kg ini digerakan mesin 4 langkah bertenaga 7 dk, dengan kapasitas silinder 150,1 cc. Model ini cukup sukses dan selama dua tahun produksi, sekitar 4.160 unit dijual kepada pelanggan.

Pada tahun 1961, skuter roda tiga ini mendapatkan facelift dan berganti nama menjadi 150 Centauro RFB. Perubahan ini tidak hanya mendongkrak penampilan, namun juga membuat mesin lebih bertenaga. Model ini diproduksi sepanjang 1961 hingga 1965 dan terjual 1.610 unit.

Model roda tiga MV Agusta selanjutnya adalah Trasporto Tevere, yang masuk lini produksi pada 1960. Motor ini bertenagakan mesin 9 dk dengan volume silinder 232 cc. Motor ini bisa membawa beban hingga 700 kg. PT KONTAK PERKASA

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KONTAK PERKASA
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KONTAK PERKASA
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KONTAK PERKASA
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KONTAK PERKASA
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KONTAK PERKASA
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KONTAK PERKASA
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KONTAK PERKASA
 
detik.com
Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post