Overblog
Edit post Follow this blog Administration + Create my blog
ptkontakperkasa futures surabaya

PT KP PRESS | Disebut Para Ilmuwan, Apakah Vaksin TBC Bisa Bantu Lawan Virus Corona?

PT KP PRESS SURABAYA - Hingga saat ini, vaksin untuk virus corona masih belum ditetapkan secara pasti, meskipun sudah banyak negara yang berlomba untuk membuatnya. Tapi, ternyata para ilmuwan sedang menguji vaksin tuberculosis (TBC) yang sudah lebih dulu ada.
Vaksin ini diuji agar mengetahui, apakah bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh untuk mengurangi gejala pernapasan pada orang yang terinfeksi virus corona. Vaksin yang sedang diuji adalah Bacille Calmette-Guerin (BCG).

Mengutip dari The Star, vaksin ini diperkenalkan pada 1920-an untuk memerangi TBC dan sedang diteliti oleh ilmuwan di Australia dan Eropa. Uji klinis vaksin ini nantinya akan difokuskan untuk dua kelompok yang berisiko tinggi terhadap COVID-19, yaitu petugas kesehatan dan orang lanjut usia.

Apa yang telah ditemukan?

Vaksin BCG mengandung strain bakteri tuberkulosis yang mendorong tubuh untuk mengembangkan antibodi yang bisa menyerang bakteri TB. Ini disebut respon imun adaptif, karena tubuh akan mengembangkan pertahanan tubuh terhadap mikroorganisme penyebab penyakit tertentu atau patogen.

Vaksin ini juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh bawaan dan pertahanan lini pertama yang mencegah berbagai patogen masuk ke tubuh dan menyebabkan infeksi. Setelah divaksinasi BCG, studi di Guinea-Bissau menemukan angka kematian turun hingga 50 persen, yang meliputi semua kalangan usia.

Meski begitu, sampai saat ini para ilmuwan belum memiliki data yang akurat untuk membuktikan efek vaksin BCG untuk mengatasi virus corona. Mereka juga harus menentukan vaksin BCG mana yang bisa digunakan, karena vaksin itu terdiri dari berbagai jenis dan kapasitas.

Sampai saat ini, para ilmuwan butuh beberapa bulan untuk mendapatkan hasil dari uji coba vaksin BCG untuk melawan COVID-19. Mereka mengingatkan untuk tidak terburu-buru untuk mendapat vaksin ini karena belum diuji secara luas dan akurat. PT KP PRESS

 

 

Baca juga artikel lainnya
1. Bitcoin ‘Bikin Sakit’, Lebih Baik Pilih Emas | PT KP PRESS
2. Investasi Emas Tetap Menggiurkan Sampai Kuartal Pertama 2018 | PT KP PRESS
3. Investasi Masih Menarik Tahun 2018 | PT KP PRESS
4. Menengok Prospek Bisnis Investasi di Tahun Politik | PT KP PRESS
5. Tahun 2018, Bisnis investasi Dinilai Tetap Menarik | PT KP PRESS
6. 2018 Emas dan Dolar Pilihan Menarik untuk Investasi Berjangka | PT KP PRESS
7. KPF: Bisnis Investasi Masih Menarik pada 2018 | PT KP PRESS
 
detik.com
Share this post
Repost0
To be informed of the latest articles, subscribe:
Comment on this post